Museum Balai Kirti Pamerkan Kuliner Kegemaran Presiden Soekarno

 



Bogor - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memamerkan berbagai macam kuliner kegemaran Presiden Pertama RI Soekarno di Museum Balai Kirti, Bogor, Jawa Barat, pada rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 9-10 Desember 2021.


Berbicara mengenai Presiden akan selalu menjadi hal yang menarik. Selain prestasi, hal lain yang mungkin tidak diketahui masyarakat ialah mengenai makanan favorit sang Presiden. Tema inilah yang diangkat oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dalam pameran “Kuliner Kegemaran Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno”.


Kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah “seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang dijadikan miliknya dengan cara belajar". 


Masakan yang merupakan bagian dari karya manusia sudah tentu tercipta dari kearifan lokal masyarakat Indonesia. Ramuan yang terkandung dari setiap masakan tersedia di alam Indonesia. Bagaimana para pendahulu telah melakukan "riset" terlebih dahulu untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat.


Karya masakan ini menjadi keunggulan setiap suku bangsa yang ada di Indonesia. Dahulu para raja pun memiliki cita rasa masakan yang tiada tara. Kita pun mengenal beberapa masakan yang hanya disajikan untuk sang raja karena memiliki kekhasan tersendiri yang diracik oleh juru masaknya.


Sukarno sebagai "raja" (baca: Presiden) Indonesia pun tak kalah seleranya terhadap masakan. Lidah dan cita rasa Sukarno terhadap karya budaya berupa masakan dan kuliner Nusantara tersaji dalam pameran ini.


Kegiatan pameran ini juga merupakan bentuk dukungan kepada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021. Pekan Kebudayaan Nasional adalah ruang interaksi inklusif bagi semua prakarsa publik dalam memajukan budaya. 


Mengusung tema ‘Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan’, PKN tahun 2021 kali ini berusaha mengajak masyarakat untuk kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset dan mengadaptasinya dengan cara hidup yang kekinian untuk menjawab tantangan dari perkembangan dan perubahan zaman kedepannya. Tema ini dimaksudkan untuk menjawab problem utama hari ini adalah problem gaya hidup. 


Penyelenggaraan PKN 2021 akan menitikberatkan kepada kearifan-kearifan lokal sebagai akar dari ketahanan budaya. Untuk menuju kesana pada tahun ini program-program pada PKN 2021 disusun dengan berdasarkan pada Sandang, Pangan, dan Papan, sebagai hal fundamental dalam kehidupan masyarakat.


Melalui penyelenggaraan PKN 2021 yang dapat diakses sepenuhnya oleh masyarakat diharapkan dapat menginspirasi untuk cermat mengolah peluang dari kearifan-kearifan lokal yang dapat mencerlangkan Indonesia. Selain itu tentunya melalui berbagai program PKN masyarakat diharapkan dapat menemukan kembali kekayaan Sandang, Pangan, dan Papan, untuk menjawab tantangan kehidupan di masa mendatang.


Garis besar penyelenggaraan PKN 2021 ini selaras dengan kegiatan Pameran Kuliner Kegemaran Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno. Pangan, sebagai salah satu elemen yang ada di dalam PKN 2021 tentu saja menjadi hal penting dalam kehidupan manusia. Melalui pameran ini, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti berusaha untuk menampilkan Presiden dari sisi lain.


Pameran ini dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid dan ditayangkan secara daring melalui media sosial Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mulai 9 Desember 2021 sampai dengan 10 Desember 2021.(*)

Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger