Pengurus MUI Kecamatan dan Desa se Kecamatan Cisarua Resmi Dilantik

Pengurus MUI Kecamatan dan Desa se Kecamatan Cisarua Saat Dikukuhkan

CISARUA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cisarua melaksanakan perhelatatan dalam rangka pengukuhan dan pelantikan pengurus MUI Kecamatan dan pengurus MUI Desa Se-Kecamatan Cisarua.

Acara yang mengambil tema Meneguhkan Peran Ulama Untuk Bangsa ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Januari 2020 bertempat di Hotel Prabu Putragus, Batulayang, Cisarua Puncak, Bogor pada 9 Januari 2021 kemarin.

Ketua Panitia, H. Muhammad Syukron Habiby dalam orasi ilmiahnya menjelaskan bagaimana pentingnya sinergi ulama dan umaro dalam merawat kebhinekaan dan kebangsaan di tengah dinamika politik nasional dan fenomena ‘post thruth’ yang kian mengglobal.

“Indonesia adalah harapan peradaban dunia di tengah konflik global yang melanda, tidak terkecuali negara-negara di timur tengah yang tengah dilanda fenomena arab spring. Mengingat, penguatan hubungan sinergis antara ulama dan umaro menjadi kunci utuhnya NKRI, untuk itulah tema ini kami ambil,” kata pria yang kerap disapa Gus Habiby ini. Minggu (10/1/2021).

Sementara, Ketua MUI Kecamatan Cisarua, KH Rahmatullah menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran pengurus MUI Desa agar senantiasa amanah.

“Pengurus yang telah dilantik harus selalu amanah dalam menjalankan fungsi keulamaannya di wilayah desa masing-masing dan mampu berperan di tengah-tengah masyarakat”, ujarnya Rahmatullah yang biasa dipanggil Abuya.

Dalam mauidloh hasanah sekaligus pidato pengukuhan, Ketua MUI Kabupaten Bogor DR KH Mukri Aji, mencurahkan rasa syukur dan kesan indahnya, karena meski dalam kondisi pandemi Covid-19 Forkompin Kecamatan Cisarua bisa hadir pada acara pengukuhan tersebut.

“Saya bersyukur dan menangkap kesan yang indah, betapa tidak dalam kondisi pandemi covid-19 Forkompin Kecamatan Cisarua lengkap hadir, begitu juga unsur desanya serta ketua, sekretaris dan bendahara MUI dari seluruh desa se-kecamatan Cisarua,” ucapnya.

Ia menerangkan, perjuangan MUI di Kabupaten Bogor selalu bersinergi dengan umaro. Tujuannya agar semua elemen pengurus MUI Kecamatan Cisarua dan Desa Se-Kecamatan Cisarua bisa bersinergi pula dengan unsur umaro.

“Disamping melaksanakan tugas utamanya sebagai pemimpin umat yang harus mampu mendamaikan,” tutur Kyai Mukri.

Acara dihadiri juga oleh Bapak Camat Cisarua Deni Humaedi AS, SIP, MM beserta jajaran Forum koordinasi Pimpinan Kecamatan, Bapak Kapolsek Cisarua Kompol H. Supriyanto, Bapak Danramil Mayor (Inf) Aris Nasarudin Latif, Bapak Kepala KUA Cisarua, 10 kepala se-Kecamatan Cisarua, Ketua Persatuan Hotel dan Wisatawan Kec. Cisarua, BKMT Kec. Cisarua dan unsur lainnya. Acara diawali dengan pembacaan sholawat dan “duet” syahdu Qori’ Ustadz Jamaluddin dan Anwarudin dari Gabungan Mubalig Cisarua (GAMIS).

Camat Cisarua, Deni Humaedi menegaskan bahwa aspek kesejarahan Cisarua yang lekat dengan perjuangan Ulama untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia secara historis, ulama-ulama Cisarua sejak dahulu turut mengembangkan aspek kebangsaan melalui kerukunan umat beragama.

“Banyak tokoh ulama dan Pahlawan Nasional yang disemayamkan di bumi Cisarua, salah satunya KH Idham Cholid, mantan Ketua Umum PBNU, seorang ulama dan pejuang nasional,” akunya.

Hadiri dalam kegiatan tersebut Kapolsek Cisarua Kompol H. Supriyanto, Danramil Mayor (Inf) Aris Nasarudin Latif, Kepala KUA Cisarua, 10 kepala se-Kecamatan Cisarua, Ketua Persatuan Hotel dan Wisatawan Kecamatan Cisarua, BKMT Kecamatan Cisarua dan unsur terkait lainnya.


Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger