Kabupaten Bogor Masuk Empat Pariwisata Terbaik Se-Indonesia



BOGOR-Momen maraknya turis asal Timur Tengah dimanfaatkan betul oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor. Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana mengaku akan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata di Bumi Tegar Beriman.

Keseriusan itu menurutnya sudah dibuktikan dari penghargaan yang baru saja diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dari Kementerian Pariwisata. Kabupaten Bogor berhasil masuk empat besar dari 514 Kota/Kabupaten di Indonesia dalam hal kepariwisataan.

“Bupati Bogor dapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai Kepala Daerah yang berkomitmen tinggi di dalam memajukan wisata daerah,” jelasnya kepada Radar Bogor, Kamis (26/7).

Meski begitu, upaya tetap dilakukan untuk tetap menjadikan Kabupaten Bogor yang favorit dikunjungi oleh wisatawan. “Kita tetap harus berbenah. Karena penghargaan bukan tujuan utama. Kita harus siap menjadi daerah yang baik dikunjungi,” terangnya.

Beberapa yang menjadi kriteria penilaian, pertumbuhan dan berkembangnya pembangunan akomodasi baik hotel dan restoran. Kemudian pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), ditandadi dengan tumbuhnya orang bekerja di sektor pariwisata. Terakhir, yaitu tumbuhnya PAD dari sektor pariwisata.

Hingga kini, yang masih menjadi magnet besar bagi mereka antara lain adalah kawasan Puncak. Kemudian, kedua adalah Kawasan Sentul, terakhir kawasan Barat Kabupaten Bogor. Tak heran, beberapa kawasan tersbut bisa dibilang memiliki destinasi wisata yang mempuni.

Jika dihitung, sebanyak 500 ribu wisatawan dari Timur Tengah datang ke Kabupaten Bogor dalam setahun. Sedangkan jika dilihat secara keseluruhan, ada sebanyak 7,5 juta wisatawan mengunjungi Kabupaten Bogor dalam setahun. Sebanyak 95 persennya merupakan wisatawan asal domestik. Sedangkan sisanya, 4 persen dari Timur Tengah, dan hanya 1 persen dari ASEAN.

Meski begitu, target wisatawan di Kabupaten Bogor menurut Rahmat terus meningkat. Dari tahun 2017 yang ditarget sebesar 7 juta pengunjung kemudian tercapai sebanyak 7,3 juta pengunjung, tahun ini targetnya naik menjadi 7,5 juta orang.

“Puncaknya itu tahun 2016. ditarget 6,7 juta kemudian tercapai 8,7 juta orang,” kata Rahmat.

Kini, menurutnya Disbudpar Kabupaten Bogor terus menggenjot peningkatan wisatawan domestik maupun asing. Salah satu cara untuk meningkatakan kedatangan wisatawan asing yaitu dengan cara melakukan promosi dan mengundang Kedutaan Besar (Kedubes) negara terkait ke Kabupaten Bogor.

“Kemudian melalui website. Mudah-mudahan dengan cara itu, makin banyak turis yang menjadi pasar kita datang ke Bogor,” ujarnya.(fik)

Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger