Adu Kreasi Dalam Resital Seni Pertunjukan FISIB Unpak



BOGOR-Unjuk rasa tak melulu dilakukan dengan cara anarkis. Agar terlihat elegan, bahkan Mahasisa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) mengemasnya dengan balutan kreasi. Sedikitnya, ada 55 judul produk budaya dan seni yang diperlihatkan dalam acara Resital Seni Pertunjukkan FISIB Universitas Pakuan di Graha Pakuan Siliwangi, Senin (23/7).

Di hadapan Rektor Universitas Pakuan, Bibin Rubini, ajang unjuk kabisa ini disajikan dalam bentuk karawitan, tari, dan pertunjukkan teater. Dekan FISIB Universitas Pakuan, Agnes Setyowati menjelaskan bahwa kegiatan Resital Seni Pertunjukan ini merupakan perwujudan dari kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah seni dan Budaya.


Mereka yang terlibat, antara lain Mahasiswa FISIB Unpak Program Studi Ilmu Komunikasi, Sastra Jepang, Sastra Inggris, dan Sastra Indonesia di bawah bimbingan Atang Supriatna.

"Kegiatan ini diharapkan berdampak kepada minat mahasiswa terhadap keberadaan seni pertunjukan (tradisi dan kontemporer) meningkat, sehingga ada kesadaran bahwa kesenian merupakan hal terpenting bagi pendidikan, pembentukan karakter juga kebutuhan ilmu pengetahuan," jelasnya kemarin.

Hal ini dianggap sebagai wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Agnes mengatakan, pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi mahasiswa yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan individu.

"Dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional," kata Agnes.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor yang diwakili Kabid Kesenian, Herlina Nasution.(fik)

Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger