Ungguli Ganjar, Jateng Siap-Siap Punya Pemimpin Baru?



JAKARTA-Pasangan Gubernur Jawa Tengah yang diusung oleh Partai Gerindra, PKB, PKS dan PAN yakni Sudirman Said-Ida Fauziyah unggul tipis dari Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung oleh partai PDIP, PPP, Nasdem dan Demokrat. Hal itu terlihat dari survei yang dilakukan Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID).

"Sudirman-Ida unggul tipis dari Ganjar-Yasin yakni 46,1 persen dibanding 44,2 persen. Sisanya 9,7 persen belum menentukan pilihannya," kata Direktur Eksekutif NCID, Jajat Nurjaman lewat siaran persnya, Selasa (5/6/2018).

Jajat mengatakan naiknya Elektabilitas Sudirman-Ida di mata masyarakat dikarenakan mereka memiliki komitmen menciptakan jutaan lapangan kerja baru, salah satunya melalui program kewirausahaan.

"Salah satu indikator masyarakat mentukan pilihannya kepada pasangan Sudirman-Ida karena diharapkan dengan kepemimpinan baru dapat membawa perubahan yang lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, salah satu faktor menurunnya elektabilitas Ganjar dikarenakan namanya terlibat dalam kasus korupsi KTP elektronik.

"Walaupun dugaan korupsi tersebut belum ada kejelasan lebih lanjut, namun tidak dapat dipungkiri hal ini berdampak pada turunnya elektabilitas Ganjar yasin," kata Jajat.

Namun menurut Jajat,  kemenangan Pilgub Jateng 2018 masih ditentukan oleh strategi kandidat di sisa masa kampanye karena masih ditemukan masyarakat yang belum menentukan pilihan yang dapat mengubah arah kemenangan.    

Survei NCID yang dilakukan pada 4-10 mei 2018 itu sendiri menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,83 persen.

“Survei ini dilakukan dengan wawancara kepada 1.200 responden di Jawa Tengah dengan komposisi pemilih laki-laki dan perempuan (50:50) yang menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,83 persen”, tutup Jajat.(kuy)



Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger