Prediksi LSI: Milton Crosby - Boyman Unggul Telak di Pilkada Kalbar



JAKARTA- Laju Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar). Berdasarkan survei metode Exit Poll, pasangan Milton Crosby-Boyman Harun unggul telak dari pasangan lain.

Direktur Eksekutif LSI, Sobirin mengatakan bahwa hasil survei untuk pasangan nomor urut satu itu berhasil mendulang suara sebanyak 44,2 persen. Kemudian paangan nomor urut 2, Karolin Margret Natasa - Suryadman Gidot sebanyak 22,6 persen. Nomor Urut 3 0asangan Sutarmidji - Ria Norsan sebanyak 28,9 persen. Sedangkan sisanya tidak Menjawab sebanyak 4,3 persen.

Metode Pengambilan atau Penentuan TPS amatan sebanyak 1.358 TPS oleh IDM dilakukan dengan mengunakan metode Multistage Random Sampling dan Exit Poll di setiap TPS diseleksi 2 pemilih secara random. Kemudian, proposional sesuai sebaran TPS tersebar di 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, Survei Exit Poll ini memiliki tingkat Margin Of Error -/+ 2,5 % pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Pengumpulan data masuk atau data feeding digunakan alat komunikasi handphone android oleh para surveyor yang kemudian data data hasil wawancara kepada pemilih di TPS langsung di kirim ke sentral nomor whatsapp LSI di Jakarta," kata Sobirin dalam keterangan tertulis, Rabu (27/6/2018).

Direktur Eksekutif LSI, Fri Herlina mengatakan, Exit Poll adalah survey yang dilakukan terhadap pemilih saat keluar dari bilik suara.  Peyelenggaran  Exit Poll dalam pilkada 2018 ini berguna untuk memprediksi perolehan suara dalam pilkada 2018.

Fri menyebutkan Exi Poll adalah untuk memetakan pola dukungan pemilih terhadap pasangan calon kepala daerah  maupun isu nya.

"Mampu memberikan kontribusi yang luas bagi kebutuhan penelitian akademis," kata Fri.
Fri mengungkapkan, Exit Poll dilakukan pada saat proses pemilihan di TPS masih berlangsung dan begitu penghitungan di TPS hendak dilakukan, Exit Poll sudah selesai dilakukan. Obyek amatan: Untuk Quick Count obyeknya adalah TPS, sedangkan Exit Poll adalah pemilih.

"Bila Quick Count menseleksi 2000 TPS, untuk Exit Poll di setiap TPS diseleksi 2 pemilih secara random," jelasnya.(fik)

Hasil Survei Exit Poll

a. Untuk Jenis Kelamin Pemilih yang memberikan jawaban dan tidak memberikan jawaban pada survei Exit Poll sebanyak 56,5 persen Laki - Laki dan 43,5 persen Perempuan

b. Untuk Tingkat Pendidikan Pemilih  Tamat SD atau di bawahnya sebanyak 21,8 persen , Tamat SLTP atau sederajat 19,1 persen , Tamat SLTA atau sederajat  43,5 persen dan Pernah kuliah atau di atasnya 15,6 persen

c. Untuk Kelompok Umur Pemilih didapati kelompok  Umur 19 atau di bawahnya 14,3 persen , Umur 20-29 tahun 26,4 persen, Umur 30-39 tahun sebanyak 21,9 persen  dan Umur 40-49 tahun 18,8 persen  sedangakn umur 50 atau di atasnya 18,6 persen.

d. Kecenderungan pilihan masyarakat KALIMANTAN BARAT terhadap ke empat pasangan calon setelah pemilih  keluar dari bilik suara di 1.358 TPS  adalah sebagai berikut :
Nomor Urut 1 Pasangan Milton Crosby-Boyman Harun  Dipilih Sebanyak 44,2 Persen
Nomor Urut 2  Pasangan Karolin Margret Natasa - Suryadman Gidot 22,6 persen
Nomor Urut 3 Pasangan Sutarmidji - Ria Norsan 28,9 persen
Tidak Menjawab sebanyak 4,3 persen

e. Alasan masyarakat  memilih kandidat yang dipilih di Bilik suara

Menjawab karena Program kerja yang diusung 55,1 persen  , Karena Gaya Kepemimpinan 15,4 persen , melihat partai pengusungnya 9,4 persen , Tokoh Nasional/Tokoh Partai  yang mengusung kandidat  18,9 persen  dan yang Tidak menjawab 1,2 persen.
Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger