Ini Alasan Tanah Bogor Disebut Cocok Ditanami Pohon Kurma



BOGOR-Meski kerap ditanam di negara bagian Timur Tengah, rupanya tak menutup kemungkinan jika pohon kurma tumbuh kembang di Indonesia, khususnya di Bogor. Malah, dalam seminar Kurma Agri Business di Function Hall Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Sabtu (31/03), disebutkan bahwa tanah Indonesia lebih subur dibandingkan dengan tanah di Thailand sekalipun.

Date Palm Activists Indonesia Ir.Imam Syafi’i mengatakan, dalam menanam pohon kurma ada lima faktor produksi yakni iklim, tanah, sumber air dan pengelolaan yang memadai.

“Dibandingkan dengan negara Thailand, tanah di Indonesia lebih subur, tetapi pengelolaan tekstur tanah, pengairan dan keseimbangan pemupukannya yang belum teliti,” ujarnya saat menjadi narasumber seminar.

Maka, menurut Imam ada beberapa lokasi di Bogor yang bisa membuat pohon kurma tersebut bisa tumbuh dan berbuah dengan baik.

“Bisa kita lihat buktinya di perkebunan kurma daerah Sentul, Kabupaten Bogor dan di daerah Kayu Manis, Kota Bogor, tanaman kurma bisa berbuah dengan baik,” ujarnya.

Namun, beberapa pakar kurma pernah mengatakan bahwa jenis kurma yang berada di sini bisa tahan dengan kelembapan yang cukup tinggi.

“Jika kurma di Bogor ini bisa dibuahkan dengan baik, akan memiliki rasa manis bisa menjadi cikal bakal untuk mengembangkan bibit kurma di wilayah basah,” jelasnya.(fik)
Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger