Berdayakan Desa Tertinggal di Purwakarta



PURWAKARTA-Program Kampung KB kini tidak melulu berfungsi untuk menangani persoalan pertumbuhan penduduk. Pasca Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng Komisi 9 DPR RI, fungsinya bertambah untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk.

Seperti yang dipaparkan dalam Sosialisasi Integrasi Kampung KB di Desa Citalang Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta (29/11/17). Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Iman Hikmat yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa menginjak awal 2016 Kampung KB digabung dengan berbagai aspek lainnya. Tidak hanya menangangi pertumbuhan penduduk, tapi juga mengurusi perkara kesejahteraannya.

Selain itu, Imanmengatakan bahwa angka kelahiran di Jawa Barat sebelumnya sempat tembus 850 ribu jiwa per tahun. Tapi, kini sudah bisa ditekan menjadi 600 ribu jiwa per tahun.

“Angka kependudukan mulai turun, dulu 1,8 artinya dari jumlah penduduk Jabar ada kelahiran sekitar 850ribu per tahun. Tapi sekarang sudah turun, jadi 1,3/1,4 sekitar 600ribu kelahiran pertahun berarti ada kemajuan,” bebernya kepada nasionalnews.com

Iman mengatakan, di Jawa Barat Kampung KB sudah ada sejak tahun 2011. Dari sekitar 6 ribu Desa di Jawa Barat, sudah ada sebanyak 1,3 ribuan Desa yang sudah dijadikan Kampung KB.

Pada 2018 mendatang, pihaknya berencana untuk kembali menjadikan kembali menjadikan Kampung KB di 588 Desa di Jawa Barat.

“Membentuk 588 Kampung KB dari 626 Kecamatan. Tapi yang 588 itu daerah khusus Inpres Desa Tertinggal (IDT). Jadi desa yang betul-betul tertinggal,” kata Iman.(fik)
Share this post :

Post a Comment

Pengunjung

Popular Post

 
Copyright © 2015. Nasional News - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger